JAKARTA ( UNAS) –  Dalam rangka memperingati gelaran event tahunan Himpunan Mahasiswa Komunikasi ( HIMAKOM ) Universitas Nasional mengadakan acara Perlombaan Public Speaking yang digelar pada Selasa ( 28/2) bertempat diruang seminar blok 1 lantai 3 Unas. Acara yang diperuntukan tidak hanya bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Unas saja tetapi turut serta mengundang siswa-siswi SMA/SMKN sederajat untuk ikut andil dalam perlombaan kali ini.  Hadir perwakilan dari SMKN 57, SMA Bunda Kandung dan SMKN 9 Tangerang Selatan. Dalam acara kali ini panitia mengusung  tema “ How To Be A Confident And Creative Public Speaker”  dimana para peserta wajib mempresentasikan hasil karya mereka di depan para audiens yang terdiri dari mahasiswa dan siswa – siswi dari masing – masing sekolah. Hadir sebagai dewan juri pada lomba kali ini  adalah Swastiningsih SE, M.S.i serta Zuhdi Saragih SH.,M.Ikom.

 Acara yang dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi  Yayu Sriwartini , S. Sos., M.Si ini dibuka dengan pembacaan doa oleh moderator. Diwawancarai setelah acara Maulida Riskia atau yang akrab disapa Maulida selaku Ketua Panitia pada acara ini menuturkan  bahwa tujuan dari kegiatan Kompetisi kali ini adalah untuk membentuk kepercayaan diri bagi setiap generasi muda khususnya para akademisi yang memang tertarik kepada dunia jurnalistik. Dengan lebih mengedepankan ide- ide dan kreativitas didalam menuangkan sebuah ide atau gagasan sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat luas. Wanita yang saat ini  masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Unas dengan mengambil konsentrasi Public Relation ini pun berharap agar kedepanya Himpunan Mahasiswa Komunikasi ( HIMAKOM) Unas dapat lebih berani didalam mempraktekan teori – teori yang mereka dapat selama kuliah agar dapat berguna bagi dirinya serta masa depannya. “Banyak diantara kita yang saat ini mengambil jurusan komunikasi tetapi masih takut bahkan tidak percaya diri untuk tampil didepan khalayak ramai hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi kita selaku mahasiswa yang  jurusan komunikasi agar mampu menjadi contoh  bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik” imbuhnya.

Sementara disela – sela acara Swastiningsih selaku Juri tak lupa memberikan apresiasi kepada para peserta Comweeks 2017 ini atas besarnya antusiasme para peserta yang terdiri dari siswa- siswi SMA/SMK serta para mahasiswa Ilmu Komunikasi yang hadir.

“ Saya sangat bangga sekali kepada kalian khususnya yang masih duduk dibangku SMA diumur kalian yang masih 15 – 16 tahun kalian sudah berani tampil didepan orang banyak dengan kepercayaan diri yang kalian miliki”.

Sebelum mengakhiri pembicaraanya tak lupa ia memberikan penilaian nya terhadap penampilan para peserta diantaranya adalah Tekhnik memegang mic yang baik, Gesture saat presentasi serta volume dan nada suara saat presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *