Jakarta, 20 Juli 2024 – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nasional telah melaksanakan Program Kerja yaitu Seminar International. Seminar International merupakan kegiatan yang di mana pada kegiatan ini membawa topik tentang mengeksplor strategi marketing yang inovatif dalam sektor pariwisata untuk meningkatkan ketertarikan turis mancanegara pada pariwisata yang ada di Indonesia.
Acara ini menghadirkan berbagai pembicara ahli di bidang pariwisata dan komunikasi dari beberapa negara. Pembicara yang hadir di Seminar International ini ialah Dra. Dessy Ruhati, M.M.Par, Deputi Kebijakan Strategis Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prima Gandhi S.P, M.Si, Wakil Ketua PPI Jepang (hadir melalui zoom), Juniar Laraswanda Umagapi S.IP., M.A (hadir melalui zoom), Analisis Legislatif Badan Keahlian DPR RI, Dr. Anukrati Sharma, Associate Professor, Director Skill Development Center University of Kota, India (hadir di zoom), Dr. Ahmad Rasmi Albattat, Associate Professor, Post Graduate Centre, Management and Science University, Malaysia (hadir melalui zoom), Asanova Altynai (Krygyzstan), Jerhemy Owen, Environmental Content Creator, Akbar Mahulana,
Traveler & Content Creator,. Selain itu, Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi Nursatyo, S.sos. M.Si, Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan Dr. (C) Angga Sulaiman, S.I.P., M.A.P., Dosen Ilmu Komunikasi yang menjadi pembimbing acara ini, Ariandi Putra, S.Ikom., M.Si dan Dela Anjelawati, S.Ikom., M.A, serta dosen Unas, UKM Fisip Unas serta media partner dan pihak sponsor juga hadir dalam acara ini.
Acara Seminar International ini diselenggarakan di Cyber Auditorium Universitas Nasional, dan dihadiri oleh lebih dari 250 audience yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Nasional dan dari luar Universitas Nasional.
Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Fajar Apriyanto, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran untuk pariwisata, di mana hasil yang akan kita dapatkan adalah tips dan trik dalam strategi pemasaran pariwisata, tips berlibur dengan budget yang terjangkau dan tentunya dapat melihat bahwa pariwisata kita sangat luar biasa dan tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata di luar Indonesia.
Terdapat penampilan dari Srikandi Maheswati Universitas Nasional yang menampilkan tarian tradisionalnya guna menjadi dibukanya acara seminar international ini dan menjadi hiburan di awal acara untuk para pemateri, dosen, dan audience yang hadir.
Antusias para audience saat berjalannya acara ini bisa dikatakan sangat antusias. Dengan banyaknya pemateri dan adanya khas pembawaan materi pada setiap pemateri, membuat audience tidak merasa bosan dan malah membuat audience bisa mengetahui banyak hal tentang pariwisata, strategi komunikasi dalam dunia pariwisata dan bagaimana memulai menjadi seorang influencer yang bergerak di bidang pariwisata.
Setelah penyampaian materi oleh para pemateri hebat, acara dilanjutkan dengan penampilan band dari salah satu band mahasiswa ilmu komunikasi, Outclass. Penampilan band tersebut sebagai acara hiburan dalam acara seminar international ini dan sebagai tanda simbolis berakhirnya acara seminar international.
Acara diakhiri pada pukul 12.00 WIB. Kami berharap dengan adanya acara ini audience dapat menambah wawasan tentang bagaimana strategi marketing pariwisata dilakukan dan semoga para audience bisa lebih tertarik dengan pariwisata-pariwisata yang ada di Indonesia.