You are currently viewing Unas Radio mengikuti Pelatihan Singkat Pembuatan Konten yang diadakan AJV (Asosiasi Jurnalis Video)

Unas Radio mengikuti Pelatihan Singkat Pembuatan Konten yang diadakan AJV (Asosiasi Jurnalis Video)

Jakarta – Menghasilkan uang melalui TikTok dan Instagram Reels adalah strategi yang semakin populer di kalangan kreator konten, untuk menjadi kreator konten sukses di platform seperti TikTok dan Instagram membutuhkan strategi yang cermat, kreativitas, dan dedikasi yang tinggi agar konten yang kita buat dapat di nikmati oleh para penonton di TikTok dan Instagram.

Kali ini Aliansi Jurnalis Video (AJV) yang diketuai oleh Chandra, bersekretariat di Ps Minggu mengundang seorang ahli dalam personal branding dan pakar media sosial, beliau adalah seorang Doktor Komunikasi Budaya di S2 UIN,UNPAD,UMJ, IISIP yaitu Dr. Rully Nasrullah, M.Si atau Kang Arul sapaan akrabnya memberikan pelatihan singkat bagaimana cara meningkatkan viewer dan menghasilkan uang dari media sosial. (7/6)

Pelatihan singkat ini dihadiri oleh dua fakultas komunikasi Bina Sarana Informatika (BSI) dan Universitas Nasional (UNAS) yang mana Unas diwakili oleh anggota dari Unas Radio serta anggota dari AJV.

“Sebelum membuat sebuah konten para konten kreator harus memilih topik atau bidang yang kalian sukai dan pahami dengan baik, seperti fashion, makanan , kecantikan, teknologi , olahraga, atau komedi. Fokus pada niche ini akan membantu menarik audiens yang tepat,” jelas Kang Arul.

Lalu pahami siapa audiensmu, apa yang mereka sukai, dan jenis konten apa yang paling mereka sukai dan jangan lupa gunakan Insight dan Analytics dari TikTok dan Instagram untuk mendapatkan data audiensmu.

Investasikan waktu dan usaha untuk membuat konten berkualitas tinggi, gunakan kamera dengan resolusi baik, pencahayaan yang memadai, dan pengeditan yang rapi.

Selanjutnya Kang Arul menambahkan,” Konsistensi adalah kunci dalam membuat konten, buatlah jadwal postingan yang tetap dan ikuti hal ini membantu membangun loyalitas dan meningkatkan engagement serta memperhatikan tren terbaru di TikTok dan Instagram, dan mencoba untuk mengikuti atau menyesuaikan tren tersebut dengan gaya dan niche kamu ”.

Setelah kamu membangun audiens yang cukup besar, mulailah mencari cara untuk memonetisasi kontenmu seperti melalui sponsor, afiliasi, penjualan produk, atau iklan dan cuan akan mengalir langsung ke rekening bank kalian.

“Perhatikan enam hal lainnya sebelum membuat konten, dengan begitu konten yang kita buat akan menghasilkan cuan, yaitu bagaimana delapan menit pertama, para penonton dapat tetap menonton konten kita sampai akhir yaitu dengan memberikan nilai tentang isi konten kita, lalu di lanjutkan dengan perkenalan, mereview produk, harga, nilai kembali lalu di akhiri dengan penutupan atau rekomendasi,” jelas Kang Arul.