PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
PROFIL LULUSAN
Profil Lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi Ilmu Komunikasi UNAS di masyarakat/dunia kerja. Nah, kira-kira kamu mau jadi yang mana?
Professional Communicator
Memiliki kemampuan menyampaikan pendapat, ide, gagasan maupun informasi kepada publik secara langsung, baik verbal dan non verbal, dengan cara-cara yang meyakinkan mencerminkan tingkat kepercayaan diri yang baik, hingga mampu mempengaruhi publik.
Media Content Creator
Memiliki kemampuan dalam memproduksi sebuah program acara, baik radio, televisi maupun online, mulai pra produksi, produksi hingga pasca produksi, seperti menyiapkan materi dan sumber daya, mengarahkan proses produksi, mengoperasikan kamera, serta menyunting audio/ video, meliputi berbagai bidang pekerjaan seperti produser, production assistant, program director, tim kreatif, script writer, cameraperson, host/ anchor, operator MCR, editor audio/ video.
Social Media Specialist
Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan media sosial untuk berbagai kebutuhan, seperti penyebarluasan berita/ informasi, pemasaran produk/ jasa, kampanye sosial, dan kampanye politik, dengan cara mengelola konten dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform media sosial, menjadi admin media sosial, dan meminimalisir konflik pada media sosial, mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan pemecahan masalah yang terjadi di media sosial, serta mampu membuat dan mengelola program aktifitas di media sosial.
Media Journalist
Memiliki kemampuan sebagai jurnalis di berbagai jenis media massa, baik surat kabar, majalah, radio, televisi, maupun situs berita online, mencakup beberapa bidang pekerjaan seperti menjadi reporter, fotografer, cameraperson, video jurnalis, redaktur, editor foto, dan editor video. Para lulusan juga akan dibekali kompetensi meliputi kesadaran tentang etika dan hukum, kepekaan jurnalistik, serta pentingnya jejaring dan lobi. Kemudian pengetahuan tentang teori dan prinsip jurnalistik, pengetahuan umum dan khusus, serta keterampilan dalam mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi, melakukan riset, analisis, serta menggunakan alat dan teknologi informasi.
Profesional Public Relations (PR)/ Corporate Communication Officer
Memiliki kemampuan menjadi perencana, perancang dan pelaksana kegiatan PR di lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta yang berbasis pada penguasaan teknologi komunikasi digital dan informasi serta dapat menjalankan peran dan fungsi sebagai penghubung antara lembaga yang diwakili dengan publik internal dan eksternal, pembina hubungan yang postif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya, pendukung dalam fungsi manajemen lembaga dan pembentuk positive corporate image dengan memiliki keterampilan organisasi, keterampilan mengidentifikasi masalah dan analisis masalah, keterampilan menulis, keterampilan bernegosiasi, keterampilan berkomunikasi baik secara konvensional maupun digital dan keterampilan menangani krisis.
Marketing Communication Officer
Memiliki kemampuan dalam merancang pesan-pesan komunikasi pemasaran perusahaan yang bertujuan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual, dengan memanfaatkan berbagai media baik konvensional maupun digital dengan mengintegrasikan berbagai teknik komunikasi pemasaran.
Public Relations Agency
Memiliki kemampuan menjadi bagian dari tim di perusahaan agensi konsultan komunikasi terpadu yang terlibat dalam kegiatan merencanakan, merancang, membuat dan mengevaluasi berbagai komunikasi strategis, public relations dan corporate brand untuk membangun citra dan reputasi positif perusahaan/ brand dengan menguasai keterampilan riset dan analisis sosial politik serta analisis media, komunikasi verbal dan non verbal, serta memiliki pemahaman dan keterampilan penggunaan berbagai platform media komunikasi digital.
Advertising Agency
Memiliki kemampuan sebagai bagian dari tim agensi periklanan yang mampu merancang pesan iklan dalam bentuk teks, image, audio dan audio visual yang dipublikasikan melalui berbagai media baik media konvensional seperti cetak, radio dan televise maupun media digital seperti website, aplikasi smartphone dan media sosial, sesuai dengan segmentasi pasar yang ditetapkan berdasarkan hasil analisis dan riset mendalam. Beberapa profesi yang terlibat seperti tim kreatif, copywriter, graphic designer, strategic planner, media planner, brand activation specialist dan digital marketing specialist.
Event Organizer
Memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi program CSR ataupun event- event lainnya secara konvensional maupun digital yang melibatkan berbagai pihak baik masyarakat maupun lembaga pemerintah dan swasta.